Loading

Hidup dengan Vertigo akibat Meniere Disease

Unknown | Rabu, April 02, 2014 | |
Vertigo yang diakibatkan Meniere Disease sulit disembuhkan, sehingga Anda harus paham cara agar kondisi ini tak mengganggu aktifitas sehari-hari.
Sensasi pusing kepala yang membuat dunia sekeliling Anda terasa berputar disebut vertigo, dan jenis yang paling sering dialami orang adalah vertigo peripheral, yaitu vertigo yang diakibatkan gangguan dalam pusat keseimbangan di telinga. Hal ini bisa terjadi karena hal-hal seperti mabuk kendaraan, kurang minum, pola makan yang kurang bernutrisi, minum obat-obatan tertentu yang berakibat vertigo, atau ada peradangan di dalam telinga.



Jika penyebab vertigo diketahui, biasanya pengobatan akan lebih mudah. Akan tetapi, ada jenis vertigo yang disebabkan oleh penyakit bernama Meniere Disease, dan vertigo jenis ini biasanya sangat sulit bahkan hampir mustahil disembuhkan, sehingga orang yang mengalaminya harus belajar untuk hidup bersama vertigo.

Vertigo dan Meniere Disease
Meniere Disease adalah penyakit yang menyebabkan ketidakseimbangan cairan di dalam organ penyeimbang tubuh di rongga telinga kita, yaitu perilymph dan endolymph, dimana penyebab sebenarnya penyakit ini belum diketahui. Karena itu, orang yang mengalami vertigo akibat kondisi ini biasanya harus belajar hidup bersama vertigo, lantaran belum ada metode yang 100 persen berhasil untuk memulihkan kondisi ini.
Ketika vertigo akibat Meniere Disease datang, terkadang gejala yang dirasakan bukan hanya pusing dan kepala berputar, namun bisa juga ada tambahan gejala lain yang lebih parah seperti mual, berkeringat, sakit kepala, telinga berdenging, bahkan ada yang bisa sampai mengalami diare. Hal ini tentu saja sangat memengaruhi penderitanya dalam melakukan kegiatan sehari-hari, apalagi jika serangan datang selagi orangnya sedang menyetir atau mengoperasikan mesin berat.

Hidup dengan Vertigo dan Meniere Disease
Jika Anda punya sejarah sering migren dan sering mengalami serangan vertigo tanpa penyebab jelas, berkonsultasilah pada dokter. MRI akan membantu menentukan apakah vertigo Anda itu berasal dari Meniere Disease atau tidak. Walau tak bisa sembuh 100 persen, tetapi Anda biasanya akan mendapatkan pengobatan yang sifatnya mengurangi frekuensi kemunculan gejala vertigo atau mengurangi intensitas gejalanya.
Jenis-jenis obat yang biasa diberikan untuk penderita vertigo akibat Meniere Disease antara lain adalah Klonapin, Diazepam, Meclizine dan Lorazepam. Akan tetapi, mungkin Anda juga akan diberikan obat yang harus segera dikonsumsi ketika gejala vertigo mendadak menyerang, misalnya Phenergan (anti mual), Dexamethasone, Lorazepam dan Meclizine. Ada orang yang harus melewati pembedahan untuk menghilangkan vertigo jenis ini, namun prosedur ini sangat tidak disarankan karena beresiko.
Selain obat, pola makan juga harus diatur. Karena ketidakseimbangan cairan di dalam telinga bisa diakibatkan oleh kondisi cairan dalam tubuh, Anda bisa mencoba meringankan vertigo dengan cara mengurangi asupan kafein dan garam, dan memperbanyak makan sumber vitamin, mineral dan serat seperti buah dan sayuran. Jangan lupa untuk banyak minum air apalagi di hari yang panas. Vertigo jenis ini mungkin tak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa mengendalikannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...