Loading

Homeschooling Berbasis Teknologi Komputer

Unknown | Sabtu, Maret 29, 2014 |
Homeschooling dapat dijalankan dengan memanfaatkan teknologi komputer, sehingga proses belajar-mengajar berlangsung secara lebih menyenangkan. 
Sebuah pertanyaan yang kerap diajukan oleh para orang tua yang merasa kurang puas dengan sistem pembelajaran melalui jalur sekolah pada umumnya. Tidak dipungkiri, ketidaktahuan terkadang membuat seseorang sulit untuk memutuskan mengambil tindakan termasuk menentukan apakah homeschooling merupakan program yang sesuai dengan kebutuhan anak atau tidak. Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih orang tua. Salah satunya adalah  metode berbasis komputer.


Homeschooling dan dunia teknologi informasi

Komputer bukan lagi suatu hal yang asing bagi masyarakat modern, dan bukan lagi suatu barang mewah. Di zaman sekarang, hampir semua data diolah dengan perangkat yang satu ini. Oleh sebab itu, teknologi ini juga telah dipadukan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran untuk homeschooling. Pertimbangannya adalah: banyak anak di zaman sekarang telah menjadi penggila komputer, dan metode ini diharapkan dapat memacu semangat belajar anak, karena mereka belajar dengan perangkat yang mereka cintai.

Keunggulan Metode berbasis komputer

Kurikulum homeschooling berbasis komputer terdiri dari perangkat compact disc (CD) atau DVD. Segala materi ajar telah dirangkum di dalam CD dan diputar saat sesi pengajaran. Media audio-visual tentunya akan lebih atraktif. Anak bisa mencerna secara lebih cepat, karena selain melihat secara langsung, anak juga mendengarkannya. Selain sesi pengajaran yang menyenangkan, ada beberapa keunggulan dari metode homeschooling berbasis komputer:
·           Anda dapat memperkenalkan teknologi informasi secara dini. Di zaman sekarang ini, teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan, jadi tidak ada salahnya jika anda menggunakan sistem pendidikan rumah untuk memperkenalkan anak dengan teknologi ini.
·           Anak bisa belajar secara mandiri. Dengan perangkat komputer, anak bisa mengikuti alur pelajaran secara mandiri. Anda sebagai orang tua hanya memberikan bimbingan dan pengawasan, serta memberikan bantuan bila dibutuhkan
·           Melatih anak bekerja secara lebih cepat dan disiplin. Metode pembelajaran homeschooling biasanya memiliki rentang waktu untuk setiap sesinya, termasuk sesi latihan. Jadi, anak akan terbiasa mengerjakan segala sesuatunya secara cepat waktu.

Agar proses belajar lebih menarik, orang tua juga bisa memadukan sistem pengajaran berbasis online dengan teknologi internet. Anak bisa mengikuti kursus atau kelas online, baik secara gratis maupun berbayar. Sesi online ini bisa menjadi selingan untuk menghilangkan kejenuhan anak terhadap sistem belajar berbasis rumah. Jadi, dengan teknologi informasi, homeschooling dapat menjadi suatu pilihan yang efektif untuk pendidikan anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...