Loading

Homeschooling dan Tips Sukses Memulainya oleh Orang Tua

Unknown | Selasa, Maret 04, 2014 |
Homeschooling menawarkan kemudahan sebagai pendidikan alternatif; ada beberapa tips yang diperlukan untuk memulainya, sehingga berjalan dengan baik.

http://www.freedigitalphotos.net/

 Ketidakpuasan para orang tua akan sistem sekolah formal membuat mereka memilih program pendidikan alternatif, yakni pendidikan berbasis rumah. Hal inilah yang ditangkap dan disadari oleh pencetus homeschooling yaitu suatu pendidikan dengan metode yang tidak baku layaknya sekolah biasa. Adapun proses pembelajaran lebih terfokus kepada kebutuhan dan keinginan si anak sehingga penyerapan ilmu lebih cepat dibandingkan dengan “pemaksaan” berupa tugas-tugas atau ujian.

Homeschooling dan pentingnya peran orang tua

Namun, untuk menerapkan sistem pendidikan baru ini, orang tua memainkan peran utama untuk memastikan bahwa proses belajar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak. Inilah yang membedakan antara pendidikan formal dan homeschooling. Orang tua harus memiliki motif yang jelas tentang apa yang diinginkan, bukan hanya keinginan mereka namun juga keinginan anak. Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih sistem ini, justru orang tualah yang harus lebih dulu mempelajarinya, mulai dari sistem hingga metode pembelajarannya.

Tips sukses memulai homeschooling

Selain menentukan motif pemilihan sistem pendidikan baru ini, ada beberapa tips yang dapat membantu kelancaran proses belajar anak:
·           Pertimbangkan latar belakang keluarga
Setiap keluarga memiliki latar belakang yang berbeda-beda, dan hal ini dapat mempengaruhi karakter anak. Misalnya, anak dari keluarga senima, sastrawan, religius, pengusaha, atau keluarga yang dikelilingi teknologi canggih memiliki karakter, minat, dan kecenderungan yang berbeda. Oleh sebab itu, sistem pengajaran mesti disesuaikan dengan latar belakang anak.
·           Tentukan arah pendidikan anak
Setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, demikian juga dengan gaya belajarnya. Hal ini mempengaruhi model pengajaran yang cocok bagi anak. Jadi, tidak ada salahnya jika orang tua meminta guru mengadakan semacam test awal untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak, pada saat pertemuan pertama.
·          Libatkan anak dalam memilih metode pembelajaran yang diinginkan, agar anak lebih bersemangat mengikuti semua sesi pembelajaran
·           Pertimbangan kondisi finansial keluarga
Harus diakui bahwa biaya homeschooling berbeda jauh dari biaya pendidikan formal (yang bahkan cenderung gratis, berkat program wajib belajar dari pemerintah). Untuk itu, ada baiknya anda sebagai orang tua mempelajari estimasi biaya yang dibutuhkan untuk setiap model pembelajaran yang dibutuhkan.

Intinya, sebagai orang tua, anda harus mengetahui segala seluk-beluk homeschooling sebelum memutuskan untuk memilihnya. Banyak faktor yang menentukan keberhasilannya; jadi, pastikan kalau semua ini sudah diantisipasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...